Apa yang dimaksud dengan Digital Marketing?
Program pendidikan Digital Marketing adalah suatu jurusan perkuliahan yang mengajarkan pelajar untuk membangun sistem pemasaran melalui dunia digital. Jurusan Digital Marketing menawarkan perpaduan mata kuliah, seperti bisnis, pemasaran, iklan, media sosial dan kreatif. Selain itu, pelajar juga akan mempelajari aplikasi Digital Marketing lebih lanjut, seperti analitik digital dan e-CRM (manajemen elektronik terkait hubungan pelanggan.
Adalah “Digital” dapat mengubah cara kita berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Saat ini, Digital Marketing telah menjadi alat pemasaran strategis dan paling umum untuk bisnis. Digital Marketing berfokus pada bagaimana cara menjangkau pelanggan potensial di saat mereka menghabiskan waktu online dan dengan cara yang sangat tertarget serta berorientasi pada hasil.
Teknologi pemasaran digital secara luas jatuh ke bidang “informatika.” Studi tentang bagaimana pengguna dan sistem berinteraksi untuk mencapai tujuan dipelajari. Digitalisasi komunikasi telah menciptakan perubahan mendasar yang menempatkan teknologi sebagai jantung dari proses komunikasi pemasaran.
Tren saat ini, untuk mengefisiensi kembali pengeluaran sebuah perusahaan dalam hal pemasaran, bisnis hendak membangun situs jejaring sosial, situs web, blog dan situs berbagi video. Bisnis turut menyadari pentingnya mempekerjakan orang yang mengerti proses dan teknologi dalam dunia Digital Marketing. Ketika pekerjaan berlimpah dan upah yang besar, pekerja yang mengerti Digital Marketing masih sangat terbatas.
Baca Juga : Jurusan Perbankan & Finansial
Kurikulum Digital Marketing
Saat menjalani perkuliahan, pelajar akan mendapatkan beberapa hal. Pertama, pelajar akan memiliki pengetahuan tentang disiplin bisnis. Kedua, pelajar akan menjadi komunikator dan anggota tim yang efektif. Ketiga, pelajar akan kompeten dalam penerapan teknologi. Keempat, pelajar akan memiliki pengetahuan tentang praktik bisnis global dan mengelola tenaga kerja yang beragam. Kelima, pelajar akan memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip etika dan penerapannya. Keenam, pelajar akan menerapkan keterampilan berpikir kritis untuk situasi bisnis.
Pelajar akan diperkenalkan dengan berbagai disiplin ilmu pemasaran yang relevan dengan lingkungan digital saat ini. Pelajar juga akan diberikan keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan dan menerapkan strategi digital. Perkuliahan juga akan mendorong kreativitas untuk memungkinkan pelajar membuat konten pemasaran digital yang terhubung dengan audien sebagai target.
Pelajar akan belajar cara menggunakan berbagai perangkat lunak untuk kebutuhan pemasaran digital. Perangkat lunak yang diajarkan relevan dengan yang digunakan dalam dunia industri saat ini dan dicari oleh perusahaan.
Peluang Karir Digital Marketing
Selain Manajer Digital Marketing atau Digital Marketing Specialist, masih banyak jenis pekerjaan lain yang dapat dijalani oleh seorang Digital Marketer lewat beragam deskripsi pekerjaan. Beberapa deskripi tersebut antara lain: Digital Strategist (seseorang yang bertugas untuk memikirkan dan mengkonsepkan berbagai ide kampanye di ranah digital secara keseluruhan); Social Media Strategist (seseorang yang bertugas untuk mengkonsep dan merancang distribusi konten marketing untuk kampanye di media sosial); Social Media Specialist (seseorang yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan engagement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian konten di media social) dan SEO Specialist (seorang yang bertugas untuk mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine).
Gaji seorang Digital Marketer berada pada rata-rata 37.500 GBP per tahun.
Baca Juga : Jurusan Marketing